Welcome to My Blog

Hai, senang berkenalan dengan anda...

Nama saya Daniel Reinhard biasanya suka diberi embel - embel nama belakang MC, karena berhubungan dengan pekerjaan yang saya cintai yaitu menjadi seorang pembawa acara / master of cermony didalam sebuah acara resepsi pernikahan.

Berbicara didepan umum mungkin tidak menjadi hal yang menarik bagi anda, namun inilah saya yang telah menemukan "arti hidup" pada tahun 2003 yang lalu.Sebelumnya memang tidak pernah terlintas cita - cita untuk menjadi seorang MC pada masa kecil saya,semuanya hanya datang begitu saja.

Perasaan enjoy dan ingin "ngulik" dibidang ini membuat saya mendapatkan kepercayaan untuk bertugas "merepresentasikan" seluruh items yang telah dipilih calon mempelai dalam menciptakan impian mereka yang hanya terjadi 1 x seumur hidup.

Saya yakin setiap pesta pernikahan memiliki karakter masing - masing yang berbeda tergantung dari kedua mempelainya itu sendiri.

Seperti uniknya fingerprints kita demikianlah setiap calon mempelai yang saya layani memiliki karakter,konsep dan harapan yang berbeda didalam pesta pernikahan mereka.

Seperti pasangan yang lain yang telah memiliki kenangan yang indah, kini giliran anda untuk mempercayakan pesta anda kepada saya.

Kini Daniel Reinhard Surya bergabung dengan 7Honey Photo dan Video untuk membangun sebuah perusahaan yang menjadi sebuah jawaban terbaik akan kebutuhan produk dan jasa pelayanan didalam dunia pernikahan. Semuanya berangkat dari kerinduan seorang Daniel Reinhard untuk lebih dekat dan lebih rinci dalam memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada setiap calon pengantin yang mempersiapkan pernikahannya.

Kami adalah 7Honey Wedding Management, sebuah perusahaan yang dimanage dengan baik oleh Daniel Reinhard Surya, yang memberikan produk dan jasa pelayanan di bidang Wedding Organizer, Photography, Videography, Wedding Music Entertainment dan Sound System.

Untuk itu kami 7Honey Wedding Management siap untuk melayani anda dengan kualitas terbaik dan harga yang bersaing. Yang dapat anda dan pasangan lakukan adalah percayakanlah dan ikutsertakanlah kami sebagai vendor anda dalam merencanakan, mempersiapkan dan menikmati setiap bagian dari pesta pernikahan anda dan pasangan yang tidak akan terlupakan sepanjang masa.

Salam dari kami...

Daniel Reinhard Surya.
Manager of 7Honey Wedding

Regards

Daniel Reinhard

Rabu, 03 Oktober 2012

Arti dibalik posisi kedua orang tua dan mempelai pada saat berdiri dipelaminan ( International Wedding Version)


Beberapa waktu yang lalu, sahabat saya selaku wedding organizer yang sudah ternama di kota Bandung mendapatkan komplain mengenai permasalahan posisi kedua orang tua dan mempelai yang salah ketika mereka berdiri diatas pelaminan saat resepsi pernikahan berlangsung.

Kebetulan pada saat itu saya yang bertugas sebagai seorang MC pada saat resepsi pernikahan tersebut berlangsung. Pada saat acara itu berlangsung memang tidak ada komplain yang disampaikan secara langsung dari pihak keluarga mempelai kepada saya ataupun kepada pihak Wedding Organizer.
Nah dengan dilatarbelakangi kejadian tersebut, muncullah keinginan saya untuk menjelaskan MENGAPA posisi kedua orang tua dan kedua mempelai harus seperti yang terlampir dalam foto yang saya upload didalam notes ini.
Sesungguhnya saya memiliki alasan yang masuk akal dan ada maksud dibalik posisi tersebut, apa saja maksudnya, saya jelaskan rinci dibawah ini :

1. Posisi kedua orang tua mempelai pria berada di posisi sebelah kiri.

Mengapa?

Alasannya adalah Wedding International umumnya mengutamakan keluarga pihak mempelai PRIA. Seperti sesuai dengan kartu undangan yang disebarluaskan kepada tamu undangan, yakni nama mempelai pria dituliskan terlebih dahulu sebelum nama mempelai wanita.
Alasan lain adalah mempelai pria adalah lambang dari seorang pemimpin, kepala keluarga, oleh sebab itu tentunya harus dituliskan lebih awal.
Seorang pria tentunya memiliki tanggung jawab lebih untuk mencintai istrinya dan memberikan nafkah untuk istrinya. Begitupulalah hal ini berdampak kepada posisi orang tua mempelai pria yang berada lebih dahulu disamping sebelah kiri, dimana posisi tersebut adalah posisi dimana tamu undangan akan menyalami kedua orang tua mempelai pria terlebih dahulu, kemudian kedua mempelai barulah kedua orang tua mempelai wanita.

Umumnya para tamu undangan akan menyalami sesuai dengan arah jarum jam yakni naik dari tangga pelaminan sebelah kiri dan setelah menyalami tamu, mereka akan turun dari tangga sebelah kanan pelaminan.
Lalu...mengapa sang ayah mempelai pria harus disebelah kiri dan sang ibu harus disebelah kanan?

Hal ini menyiratkan sebuah perlambang bahwa seorang ayah adalah seorang pria yang senantiasa menjaga istrinya, posisi ayah harus berada diluar dan sang ibu dibagian dalam.

Tuhan menciptakan seorang pria dengan fisik yang lebih kuat untuk menjaga pasangannya. Tentunya tidak lupa seorang wanita pun adalah seorang pendukung yang luar biasa. Apa daya seorang pria tanpa kehadiran seorang wanita. Oke lanjut ke point 2.

2. Posisi Mempelai Wanita berada disebelah kiri yakni disamping ibu mempelai pria dan posisi mempelai pria berada disebelah kanan disamping ibu mempelai wanita.

Mengapa ????

a. Mempelai wanita adalah TANGAN KANAN dari mempelai pria. Tangan kanan berarti seseorang yang UTAMA, PENTING.

Pada umumnya manusia menggunakan lebih banyak tangan kanan untuk beraktivitas, kecuali orang yang bertangan kidal. Hal ini menjadi pertanda bahwa seorang wanita adalah ASISTEN UTAMA, REKAN SEKERJA UTAMA dari sang pria.

Jika disebelah kiri, maka coba anda berpikir biasanya aktivitas apa yang suka dilakukan menggunakan tangan kiri? silahkan dijawab....

Biasanya banyak juga orang ASIA mengajarkan anak anak mereka jika memberikan sesuatu benda kepada orang lain HARUS menggunakan tangan KANAN, jika menggunakan tangan KIRI rasanya tidak sopan. Atau HARUS menggunakan tangan KANAN ketika kita berjabat tangan dengan orang lain.

Nah sama juga didalam halnya berdiri diatas pelaminan, pentingnya tangan KANAN itu, menjadi simbol bahwa mempelai wanita itu sangatlah PENTING bagi mempelai PRIA.

b. Mempelai Pria berada dekat ibu mempelai wanita demikian sebaliknya mempelai wanita dekat ibu mempelai pria.

Mengapa?

Ini sebuah simbol akan penerimaan kedua orang tua kepada menantunya.

Kasih sayang seorang ibu dan ayah kepada anak kandungnya tentunya tidak diragukan lagi, apapun akan diusahakan dan diberikan yang terbaik untuknya.

Nah simbol ini melambangkan bahwa mulai malam itu orangtua mempelai pria akan mengasihi menantunya seperti layaknya putri mereka sendiri, demikian sebaliknya kedua orang tua mempelai wanita malam ini berjanji mengasihi menantunya seperti putranya sendiri.

c. Posisi kedua orang tua mempelai wanita berada dibagian sebelah kanan
Mengapa?

Karena di tradisi wedding International atau Chinese Wedding, umumnya orang tua mempelai pria yang didahulukan.

Alasannya karena seorang wanita ketika menikah dia harus meninggalkan ayah dan ibunya untuk pergi bersama dengan suaminya. Oleh sebab itu , posisi kedua orang tua ini pun menjadi sebuah lambang akan kerelaan hati dan memberikan kepercayaan lebih untuk kedua orang tua mempelai pria untuk mendapatkan kehormatan terlebih dahulu. Namun kedua mempelai wanita ini pun tidak serta merta melepas tanggung jawabnya kepada kedua mempelai karena ada beberapa simbol yang telah saya utarkan diatas.

Nah dengan penjelasan saya di notes ini semoga bisa menjadi masukan yang baik untuk para calon mempelai dan untuk teman teman yang bertugas sebagai mc ataupun wo. Memang sebagai tugas kita untuk menjelaskan secara benar akan makna dibalik posisi itu sehingga tidak terjadinya perdebatan dan komplain yang disampaikan oleh keluarga mempelai.

5 komentar: